Kamis, 17 April 2014

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri (Surat Resign)

Selamat datang di dalam artikel ini,pada kesempatan kali ini Saya ingin menyampaikan beberapa informasi penting mengenai bagaimana cara membuat Surat Pengunduran Diri Kerja (Surat Resign) secara baik dan benar.Di sini Saya ingin menyampaikan 2 contoh surat pengunduran diri dalam 2 versi bahasa (indonesia dan inggris).Sama halnya seperti menulis surat lamaran pekerjaan,dalam penulisan “Surat Resign” ini juga harus memakai bahasa indonesia atau bahasa inggris yang baik dan benar.kemudian agar supaya tidak menimbulkan rasa kesalah pahaman dengan teman sekantor atau dengan atasan,maka sebaiknya surat pengunduran diri ini juga harus memakai tata krama yang sopan.


Surat pengunduran diri (Surat Resign) biasanya akan di buat ketika seseorang ingin keluar dari perusahaan tempat dia bekerja.Kebanyakan mereka ini memilih untuk keluar dari perusahaannya di sebabkan oleh beberapa faktor,di antaranya adalah ingin membuka usaha sendiri,jenuh dengan suasana kantor,tertekan,mendapatkan pekerjaan baru,atau karena gaji yang tidak sesuai.


Sebelum Saya di sini memperlihatkan contoh membuat surat pengunduran diri,alangkah baiknya jika Saya ingin memberikan dahulu beberapa hal penting dan harus Anda ketahui dalam menulis surat pengunduran diri.Ketika Anda ingin mengajukan surat pengunduran diri  di perusahaan Anda,ada baiknya Anda mengetahui hal-hal seperti di bawah ini :
  1. Usahakan Anda dalam menulis surat pengunduran diri secara singkat,jelas,padat dan gunakanlah bahasa yang sopan.
  2. Berikan ucapan rasa bangga,pujian dan terima kasih untuk perusahaan dan rekan-rekan Anda di kantor yang akan di tinggalkan.Agar supaya nanti tidak menimbulkan pemikiran yang negatif dan tanda tanya besar oleh atasan dan teman kantor Anda.
  3. Rahasiakan dan janganlah membeberkan secara keseluruhan mengenai alasan Anda mengapa untuk memilih mengundurkan diri dari perusahaan,baik itu secara lisan maupun tulisan.
  4. Supaya perusahaan tidak merasa begitu kecewa dengan pengunduran diri Anda,maka ada baiknya berilah kesempatan kepada atasan untuk mencari pengganti sebelum Anda benar-benar berhenti bekerja.Karena biasanya perusahaan ingin meminta waktu untuk memberikan training pengalihan kerja pada karyawan baru yang akan menggantikan posisi Anda nanti.
  5. Berilah kesan yang baik pada perusahaan yang Anda tinggalkan dengan memberikan sebuah kenang-kenangan (Cinderamata).
Inilah beberapa point penting yang harus Anda ketahui dan di perhatikan sebelum Anda menulis sebuah “surat resign”.Baiklah,sekarang Saya ingin menunjukkan beberapa contoh surat pengunduran diri (surat resign) seperti yang ada di bawah ini :
  • Contoh surat pengunduran diri kerja 

Surabaya,25 Juli 2012
Kepada Yth,
Dir.HRD PT.Aneka Djaya Tbk.
Di Tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Bambang Sudaryo
Departemen : Staff Administrasi
Jabatan : Karyawan
No.Karyawan : 0158291647

Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) PT Aneka Djaya Tbk tentang kekaryawanan dan Undang-Undang tenaga kerja,maka Saya dengan berat hati bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri.

Niat Saya ini bertandaskan pada kesadaran akan kesehatan Saya sekaligus Saya dan keluarga harus pindah keluar kota di sebabkan ada persoalan keluarga yang tidak dapat Saya ceritakan dalam surat ini.

Surat ini Saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif dari siapapun.Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi Saya dan memberikan hak-hak Saya sesuai ketentuan yang telah berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini Saya buat dengan sesungguhnya.Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini,Saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Bambang Sudaryo

  • Contoh surat pengunduran diri bahasa indonesia

Probolinggo,25 Mei 2012
Kepada Yth :
Manager
PT Madiva Swara

Dengan Hormat,
Bersama surat ini bahwa Saya,Linda Ayunda ingin bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Madiva Swara sebagai Marketing Cabinet Export terhitung mulai tanggal 25 Mei 2012.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah di berikan kepada Saya untuk bekerja di PT Madiva Swara.Dengan ini pula Saya meminta maaf pada seluruh karyawan dan segenap jajaran manajemen PT Madiva Swara apabila terdapat kesalahan yang telah Saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap PT Madiva Swara terus maju dan berkembang lebih baik.

Hormat Saya,


Linda Ayunda

  • Contoh surat pengunduran diri bahasa inggris

Semarang,21 November 2012
To
Mr Joni Avandi
PT. Langgeng Abadi

With Respect
With regret,I am sending this letter of resignation.Please kindly accepted this letter as my official letter of resignation from Web Designer position,starting from November 21,2012.

I appreciate as much as possible the opportunity provided as part of PT Langgeng Abadi for approximately one year.Not to forget I apologize to all the management of PT Langgeng Abadi if there are things that are not good I have done while working at PT Langgeng Abadi.

Hopefully PT Langgeng Abadi will be more successful in the future.When PT Langgeng Abadi still need my energy on the transition period,I will be happy to help.

Your Sincerely,


Eko Sutrianto

Supaya Anda nanti dapat lebih memahami dalam menulis surat pengunduran diri secara baik dan benar.Ada baiknya Anda menyimak 5 Tips yang Saya sampaikan dalam menulis surat pengunduran diri seperti di bawah ini :
  1. Buatlah surat pengunduran diri dengan singkat,sangat tepat (to the point) saja,dan jangan terlalu bertele-tele seperti membuat atau menulis dokumen resmi.Usahakan menyebutkan surat pengunduran diri ini pada baris subjek dari surat.
  2. Buatlah referensi pemberitahuan seperti yang telah di sebutkan dalam kontrak kerja (misalnya bahwa Anda masih akan bekerja sampai pada batas periode yang telah di tentukan).Cantumkan pula tanggal dan waktu saat Anda mulai ingin mengundurkan diri dari perusahaan.
  3. Jangan menulis kalimat yang mungkin terasa merendahkan atau sedikit melecehkan pada perusahaan.Tidak peduli seberapa senangnya Anda dengan atasan,bertindaklah seperti orang yang profesional.Walaupun banyak yang cenderung ingin memberikan opini pandangan negatif mereka kepada manager atau atasan mereka,orang yang bijaksana tidak akan pernah untuk melakukannya.
  4. Dalam dunia usaha sangatlah di hargai apabila Anda nanti menunjukkan sikap profesionalisme dan kesopanan ketika memberikan alasan maupun penjelasan mengapa Anda ingin melakukan pengunduran diri.Jadi sebutkanlah alasannya secara jelas dan singkat saja dalam satu atau dua baris.
  5. Setelah Anda bekerja sekian lama dan ingin meninggalkan perusahaan tempat Anda bekerja ini oleh karena suatu hal.Sebaiknya Anda jangan lupa untuk memberikan ucapan terima kasih pada perusahaan atas pengalaman bekerja dan kesempatan yang sudah di berikan kepada Anda selama ini.
Demikian artikel yang telah Saya sampaikan mengenai informasi bagaimana cara untuk membuat surat pengunduran diri (surat resign) dengan baik dan benar.Semoga dengan adanya artikel yang Saya sampaikan ini berguna dan bermanfaat bagi Anda nanti.Terima kasih atas waktu dan kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar