Senin, 24 Maret 2014

Cara Mengetahui Blog Copy Paste

Bermacam-macam cara yang sudah di lakukan oleh para pengguna internet untuk mempermudah dalam mengambil konten seseorang yang di anggap bagus untuk di simpan,miliki,unduh tanpa pemberitahuan/minta izin terlebih dahulu.hal seperti ini tentu saja dapat merugikan bagi para pencipta konten tersebut yang memiliki hak cipta yang tidak ingin hasil karyanya di ambil begitu saja tanpa izin dengan baik-baik.bagaimanapun juga hal semacam ini jelas-jelas sangat melanggar undang-undang tentang hak cipta yang sudah di abaikan oleh para pelanggar yang hanya mengambil keuntungan saja.

Sebagai contoh bila Anda memiliki website/blog yang di dalamnya mempunyai berbagai macam file yang bagus-bagus,dan salah satu file Anda tersebut telah di ambil hasilnya dengan cara di copy paste tanpa seizin/sepengetahuan Anda, lalu kemudian di terbitkan kembali di dalam website/blog mereka dan ternyata masuk pada polling utama di dalam mesin pencarian,maka mungkin di sini Anda sendiri akan merasa sangat kecewa atas pelanggaran ini.Dan tidak hanya itu saja Anda pasti juga rugi waktu,tenaga dan pikiran dalam proses pembuatannya,sedangkan konten Anda di ambil begitu saja dan tanpa sepengetahuan Anda.

Karena kondisi yang semacam itulah Saya menganjurkan kepada Anda untuk memulai memonitor perkembangan website/blog Anda ini,yang beberapa hari terakhir mungkin mengalami penurunan peringkat di mesin pencarian ataupun juga penurunan jumlah pengunjung,baik itu memperhatikannya melalui dari data google webmaster tool/histats atau juga data dari google analytic untuk mengetahui seberapa jauhkah posisi peringkat perkembangannya sekarang akibat konten yang sama persis{hasil dari copas}.Namun sebelumnya juga perlu Anda ketahui, penurunan posisi peringkat di mesin pencarian ini mungkin bukan hanya terjadi karena ada yang telah mengcopy paste konten Anda tersebut,melainkan mungkin juga karena bisa terjadi akibat optimasi dari para pesaing Anda,mengganti/mengubah template,mengedit template Anda,dan atau juga mengupdate algoritma google yang mungkin telah Anda lakukan.

Karena di sini Saya hanya membahas masalah untuk mengetahui artikel yang telah di copas,maka Saya akan menunjukkan bagaimana cara untuk mengetahui artikel yang telah di copy paste dengan cara yang mudah dan gampang untuk di praktekkannya.Nah, di sini jika Anda ingin mengetahui artikel apa saja yang telah di ambil dengan cara di copy paste tanpa sepengetahuan Anda,maka ikutilah panduan yang Saya berikan seperti di bawah ini :

Cara mengetahui alamat website/blog yang copy paste artikel milik Anda adalah :

  1. Silahkan buka dulu artikel website/blog terpopuler Anda,sebagai contoh di sini Saya akan membuka artikel terpopuler yang berjudul "Cara Membuat Blog atau Website Baru Gratis di Blogspot" yang Saya beri tanda panah warna hijau seperti pada contoh gambar di bawah ini.
     

  2. Setelah di buka,maka ambil (copy) sebuah frasa atau penggalan kata yang menurut Anda unik pada artikel dalam gambar tersebut,misalnya di sini yang Saya copy adalah penggalan kata seperti ini : Ok,Sampai proses ini Berarti anda telah berhasil Membuat sebuah Blog di Blogspot.Nah Mudah kan Cara Membuat Blog atau Website Baru. (lihat gambar di bawah ini)
     

  3. Kemudian Anda buka alamat http://www.google.co.id/  ini,dan nanti akan muncul tampilan seperti pada contoh gambar di bawah ini.
     

  4. Pada kolom kotak pencarian google tersebut,Anda masukkan atau pastekan penggalan kata atau frasa yang unik tadi kemudian berilah tanda kutip ganda ( " ) di awal dan akhir tulisan yang unik tersebut.Contohnya seperti ini "Ok,Sampai proses ini Berarti anda telah berhasil Membuat sebuah Blog di Blogspot.Nah Mudah kan Cara Membuat Blog atau Website Baru."
  5. Setelah selesai kemudian langsung saja Anda klik atau tekan Enter yang nanti akan memperlihatkan halaman-halaman mana saja yang hasilnya sama persis dengan frasa yang Anda masukkan tadi untuk mengetahui alamat yang telah mengcopy paste artikel Anda ini.(lihat gambar)
     

  6. Sampai di sini jika Anda ingin mengetahui halaman-halaman mana saja yang tingkat kemiripannya tinggi (sama persis) dengan konten Anda yang telah di copas,maka silahkan Anda membuka halaman-halaman tersebut agar bisa untuk melihatnya/mengontrolnya.Bila nanti di temukan,maka selanjutnya silahkan Anda copy alamat Url nya dan paste di kotak "Lokasi Materi yang diduga Melanggar" pada bagian DMCA Notice untuk di laporkan.
     

  7. Setelah Anda melaporkannya ke DMCA,dan apabila nanti laporan yang di terima ini sesuai dan benar adanya dengan laporan yang telah Anda berikan,maka pihak dari DMCA akan menghapus atau memblokir seluruh konten yang di duga telah melanggar tersebut.
Bagaimana...mudahkan untuk mempraktekkan cara mengetahui artikel yang telah di copas tanpa seizin dan sepengetahuan Anda secara baik-baik.Sebenarnya banyak sekali cara-cara untuk mengetahui konten yang telah di copy paste tanpa izin,tetapi di sini Saya ingin menunjukkan cara yang lebih mudah dan gampang untuk di mengerti.Supaya Anda nanti dapat dengan cepat untuk memahaminya dan mempraktekkannya secara langsung dalam memberantas masalah budidaya copy paste yang sangat meresahkan sekarang ini.

Demikianlah informasi yang saya sampaikan ini mengenai bagaimana caranya untuk mengetahui artikel yang telah di copy paste oleh orang lain tanpa izin dan sepengetahuan Anda.Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin mendapatkan informasi seperti cara mengetahui artikel yang telah di copy paste,sehingga Anda bisa untuk melaporkan masalah ini ke DMCA Takedown.

Terima kasih atas waktu dan kunjungannya di artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar