Jumat, 17 Januari 2014

Cara Mudah Membuat Sebuah Blog

Sebelum Saya memulai untuk menunjukkan/memperlihatkan cara membuat sebuah blog.Sebaiknya Saya akan memberikan sedikit ulasan terlebih dulu tentang wacana pengalaman Saya dalam membuat sebuah blog.Memang waktu pertama kali di awal Saya dalam membuat sebuah blog itu agak sulit atau bisa di bilang rumit sekali untuk memulainya.Karena pada saat itu Saya memang masih kurang percaya diri dalam membuat website/blog yang saya inginkan.Tetapi dengan seringnya Saya mempelajari cara/langkah-langkah dalam membuat sebuah blog,akhirnya sekarang Saya bisa juga membuatnya.Oleh sebab itu hal ini merupakan pengalaman yang sangat berarti bagi Saya nanti di kemudian hari.

Nah,di sini nanti Anda harus bisa membiasakan diri untuk berkomunikasi dengan layar komputer,maksudnya sering-seringlah melihat,menyimak,dan mempelajari dengan teliti tentang hal-hal yang penting yang perlu di perhatikan di dalam membuat sebuah blog.Memang di awal-awal dalam melakukan sebuah kegiatan yang seperti ini agak membosankan dan jenuh sekali karena berlama-lama memandang komputer terus-terusan.Tetapi semua itu memang wajar sering terjadi kepada setiap orang apalagi yang tipenya cepat bosenan,hampir seperti Saya sendiri sih kriterianya.Tapi kalau Saya sendiri di sini masih memiliki atau mempunyai pendirian yang kuat,semisal kalau Saya ingin mengerjakan/merencanakan sesuatu,maka Saya harus bisa mewujudkannya walaupun itu agak sulit untuk di lakukan.Tetapi dengan adanya semangat dan keyakinan yang sangat kuat dari diri pribadi Saya,maka hal itu akan terasah mudah untuk di laksanakan walaupun nanti di tengah jalan akan mengalami kendala dan akan selalu menghadapi semua cobaan-cobaan yang akan menghambat ataupun menghalangi keinginan Saya untuk mewujudkan suatu impian yang ingin Saya selesaikan.

Ya sudah, tanpa harus berlama-lama ( berpanjang lebar ) untuk menceritakan ulasan tentang pengalaman Saya di awal pertama kali membuat sebuah blog,Saya akan membahas tahap demi tahap untuk memberikan informasi tentang cara membuat sebuah blog yang pernah Saya lakukan.Semoga saja cara membuat sebuah blog yang Saya sampaikan ini masih sama seperti dengan cara yang Saya lakukan dalam membuat sebuah blog waktu pertama kali.Walaupun nanti sedikit berbeda,itu mungkin hanya sebagian kecil saja,tetapi intinya sama kok dalam proses pembuatan sebuah blog.

Oke, di dalam membuat sebuah blog,pertama kali yang harus Anda lakukan adalah membuat terlebih dahulu sebuah akun email dari google ( Gmail ) untuk memulai membuat sebuah blog.Jika Anda masih belum mempunyai email dari google sih,,,mungkin di sini Anda ingin menanyakan kenapa email dari google ( Gmail ),kenapa kalau emailnya menggunakan selain dari google? Karena dengan menggunakan/membuat email dari google ( Gmail ) maka dengan sendirinya Anda akan mempunyai peluang besar untuk memanfaatkan fitur-fitur dari google yang manfaatnya itu antara lain seperti :

1. Anda bisa membuat website gratis.
2. Anda bisa membuat blog gratis.
3. Anda juga bisa ikutan mendapatkan/meraup uang dollar dengan ikutan google adsense.
4. Anda juga bisa memanfaatkan google webmaster tool yang sangat berguna untuk Anda dalam memantau traffic website/blog yang Anda miliki.
5. Dan lain sebagainya yang berhubungan dengan produk-produk dari google.

Nah, setelah Anda sudah membuat dan memiliki sebuah akun email dari google ( Gmail ),maka sekarang Anda sudah siap untuk memulai start membuat sebuah blog.Sebelum Anda memulai untuk membuatnya,sebaiknya Saya beri ulasan/gambaran terlebih dahulu.Di dalam memulai bisnis online,termasuk juga dalam cara membuat sebuah blog pasti ada beberapa kelasnya,seperti ada pembuat blog kelas pemula,ada pembuat blog kelas yang menengah,dan ada pula pembuat blog kelas atas atau canggih.Mereka yang pemula biasanya menggunakan blog gratis yang ada langkah-langkahnya atau wizzardnya untuk memulainya.

Nah, sekarang sampai di sini Kita akan memulai saja membuat sebuah blog gratis di blogger.com yang gratis.



Langkah pertama kali yang harus Anda lakukan di sini dalam membuat sebuah blog di blogspot itu adalah : silahkan Anda masukkan atau langsung saja klik alamat berikut ini www.blogger.com ,maka nanti Anda akan di bawah ke halaman utama blogger.com dan di sini Anda bisa amati atau pelajari dulu sejenak,kemudian Anda bisa klik sebuah kotak yang bertuliskan ”Get Started”.




Setelah Anda klik ''Get started" maka akan muncul sebuah halaman untuk formulir pendaftaran seperti contoh pada gambar di bawah ini.Dan yang harus Anda lakukan di sini adalah silahkan mengisi formulir pendaftaran tersebut dengan lengkap dan benar.


Di sini Saya akan memberikan penjelasan yang ringkas mengenai formulir pendaftaran di halaman tersebut seperti yang Saya ketahui sebelumnya.

  1. Pada kolom Alamat email : masukkan alamat email yang Anda inginkan.Misalnya seperti ( emailq@gmail.com ).
  2. Pada kolom ketik ulang Alamat email : Anda harus memasukkan lagi alamat email yang baru Anda ketik tadi seperti di atas.
  3. Pada kolom Password/Sandi : masukkan kata kunci/sandi minimal 8 karakter,bisa huruf dan bisa angka ( gabungan keduanya juga bisa ).
  4. Pada kolom ketik ulang Sandi : ketikkan lagi Sandi yang telah Anda masukkan tadi,perlu di ingat Sandi yang Anda masukkan harus sama persis seperti tadi.
  5. Pada kolom nama tampilan : isikan nama Anda atau nama alias Anda ( biasanya nanti akan muncul bersama dengan posting atau artikel yang Anda buat ).
  6. Pada kolom Verifikasi kata : masukkan gambar atau kata yang terdapat di atas kolom pada gambar di atas tersebut,sudah di sertakan dengan contoh pengisiannya.
  7. Pada kolom Penerimaan Persyaratan : Anda centang kotak kecil tersebut yang berarti Saya menerima Persyaratan dan Layanan.  

Setelah Anda selesai mengisi dengan lengkap dan benar semua,sekarang Anda klik tanda panah warna orange bertuliskan ”Lanjutkan”.Di sini nanti akan muncul halaman yang menampilkan tentang perencanaan blog Anda seperti pada gambar di bawah ini.Di halaman ini Saya akan menerangkan tentang apa yang harus Anda lakukan nanti satu persatu.


***Pada kolom Judul Blog isilah judul sesuai dengan keinginan Anda.Terus di dalam kolom Alamat Blog → isilah alamat sesuai dengan keinginan Anda juga,bila alamat blog Anda menggunakan 2 kata atau lebih pisahlah dengan tanda titik ( . ) atau tanda ( _ ) karena di sini tidak bisa menggunakan spasi.Setelah itu "Cek Ketersediaan" ,bila alamat blog Anda tersedia maka akan muncul tulisan alamat blog ini tersedia,jika tidak tersedia berarti alamat yang Anda masukkan ini sudah ada yang menggunakannya dan disini Anda harus membuat alamat blog lagi sampai muncul tulisan alamat blog ini tersedia.
Kemudian di dalam kolom Verifikasi Kata → isilah kata yang di tampilkan di atas kolom tersebut dengan lengkap dan benar ( jangan sampai salah ).Bila Anda sudah selesai mengisi semuanya,sekarang Anda klik tanda panah warna orange yang bertuliskan ”Lanjutkan”.Maka di sini nanti akan muncul tampilan halaman desain template ( tampilan blog Anda bila sudah jadi nanti) seperti pada gambar di bawah ini.


Pilihlah salah satu yang Anda sukai,bila sudah di pilih salah satu,kemudian Anda klik tanda panah warna orange ”Lanjutkan”.

Setelah Anda klik,nanti akan muncul halaman yang menampilkan/menyatakan bahwa blog Anda sudah jadi.Langkah selanjutnya adalah Anda tinggal mengisi blog dengan posting/artikel dengan cara klik tanda panah warna orange ”Mulai Blogging”.


Setelah Anda klik icon "Mulai Blogging" nanti akan muncul halaman tempat untuk menulis posting/artikel seperti pada gambar di bawah ini.


Di sini Anda harus menulis judul posting/artikel yang Anda inginkan di dalam kolom yang ada lingkaran merahnya di atas.Kemudian baru tulislah isi posting/artikel Anda pada kolom di bawahnya sampai selesai.Setelah selesai menulis langkah selanjutnya adalah silahkan klik ”Terbitkan Entri”,nanti akan muncul tampilan halaman blog yang sudah Anda isi dengan posting/artikel tadi.Langkah selanjutnya adalah Anda klik ”Lihat Entri”untuk melihat hasil dari pembuatan blog secara keseluruhannya. ( lihat gambar di bawah ini)


Di sini nanti akan muncul tampilan halaman blog yang telah Anda buat tadi.Ya sudah sampai di proses ini berarti Anda sudah berhasil membuat sebuah blog di blogspot.

Nb : Perlu di ingat,dalam proses pembuatan sebuah blog pertama kali ini jangan sampai terlewatkan satu hal sekalipun dalam melakukan/melaksanakan langkah-langkah dalam membuat sebuah blog.Jika Anda nanti dalam proses pembuatan sebuah blog ini akan mengalami kegagalan,mungkin ini terjadi karena Anda keliru atau telah melakukan kesalahan dalam melakukan langkah-langkah untuk membuat sebuah blog.Jadi intinya Anda harus lakukan proses pembuatan sebuah blog ini langkah demi langkah dan jangan sampai terlewatkan satu langkah sedikitpun.

Demikian tutorial mengenai cara membuat sebuah blog yang Saya sampaikan ini.Semoga dengan adanya himbauan yang Saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda dalam merencanakan proses pembuatan sebuah blog yang Anda inginkan. 

***Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk Anda terima kasih atas waktunya***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar