Minggu, 19 Januari 2014

Cara Membuat / Mendaftar Akun Email di Google Mail

Sebelum Saya memulai untuk menunjukkan bagaimana cara membuat atau mendaftar akun email,Saya akan memberikan sedikit informasi tentang akun email dari google (gmail) ini.Sebenarnya banyak sekali penyedia layanan email gratis yang ada di internet,misalnya seperti:hot mail,yahoo mail,gmail (google mail) dan lain-lain.Tetapi di sini Saya akan menunjukkan bagaimana cara membuat akun email dari google (gmail).


Kenapa harus akun email dari google (gmail)karena sebenarnya banyak sekali keuntungannya jika memiliki akun email dari google (gmail),salah satunya yaitu akun ini merupakan syarat utama yang harus di miliki jika Anda suatu saat nanti ingin membuat sebuah website/blog.Maka dari itu jika Anda selalu online di internet jangan sampai Anda di sini tidak mempunyai/memiliki akun email dari google ini. 


Karena sekarang ini google telah mempunyai banyak layanan yang sangat luar biasa , misalnya seperti ; you tube , maps , images , +you , drive , translate , search , calendar , play , dan masih banyak lagi yang lainnya , tentunya semua ini demi kenyamanan hidup Anda.

Oke untuk saat ini bagi Anda yang masih bingung dalam membuat akun email dari google (gmail).Silahkan Anda pelajari panduan yang Saya berikan ini langkah demi langkah.

# Langkah mudah untuk membuat/mendaftar akun email di google mail (gmail) :

1.Silahkan Anda masukkan ke browser pencarian atau langsung klik saja alamat www.gmail.com ini.Setelah Anda klik/tekan enter,nanti akan muncul tampilan halaman utama dari gmail.com dan biasanya seperti pada gambar di bawah ini.


2.Kemudian Anda klik saja tulisan ”Create An Account” untuk memulai mendaftar akun di google.Nanti akan muncul tampilan formulir pendaftaran email baru.Di sini Anda harus mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar.Jika Anda masih belum tahu untuk mengisi formulir pendaftaran di sini,silahkan Anda lihat gambar dan keterangannya di bawah ini ;

Gambar 1
Gambar 2

A.Nama : masukkan nama Anda,misalnya jika Anda mempunyai nama Raden Wijaya,maka cara mengisi kolom tersebut adalah:untuk kolom depan isi nama→(Raden) dan untuk kolom belakang isi nama→(Wijaya).
  
B.Pilih nama pengguna Anda : masukkan nama alamat email yang Anda inginkan,misalnya seperti ; rajaya@gmail.com .
  
C.Buat sandi : ••••••••••• ( minimal 8 karakter ).Kata sandi ini jangan sampai lupa,kalau bisa Anda catat dan simpan di buku atau di tempat lain yang khusus hanya buat Anda sendiri.
  
D.Konfirmasi sandi Anda ( Mengulang kata sandi Anda lagi ) : ••••••••••• ( harus sama persis dan jangan sampai salah ).
  
E.Mengisi tahun,bulan dan tanggal lahir Anda : misalnya seperti ( 1995-07-21 ).
  
F.Gender ( Memilih jenis kelamin ) : masukkan jenis kelamin Anda.
  
G.Memasukkan nomer telephone Anda : masukkan nomer telephone/Hp Anda yang masih aktif karena nanti bisa menjadi alat untuk konfirmasi email kalau ada masalah,misalnya seperti lupa kata sandi.
  
H.Alamat email Anda saat ini : jika Anda tidak punya email di kosongkan juga bisa.
  
I.Kotak verifikasi : jika di centang ( √ ) maka masukkanlah kata verifikasi yang tampil tersebut.Kalau tidak Anda centang ( √ ) maka konfirmasi email gmail Anda akan dikirim lewat nomer telephone yang Anda masukkan tadi.
  
J.Pilih lokasi tempat tinggal Anda : setelah Anda mengisinya,kemudian centang ( √ ) kotak persetujuan persyaratannya.Lalu klik "Langkah berikutnya" jika pengisian formulir pendaftaran tidak ada yang salah maka nanti akan muncul tampilan halaman selanjutnya.


3.Kemudian di halaman ini Anda langsung saja klik icon ”Lanjutkan” untuk menampilkan halaman yang menunjukkan bahwa Anda sekarang harus memasukkan kode verifikasi seperti pada gambar di bawah ini. 


4.Pada kolom Masukkan kode verifikasi : Anda masukkan kode yang di kirim lewat sms ke no Hp Anda dan jangan sampai kurang atau salah kodenya.Setelah itu Anda klik icon "Lanjutkan" seperti pada gambar di atas untuk menuju ke halaman berikutnya. 
Kalau halaman yang Anda klik tadi muncul,berarti akun Anda sudah jadi,dan contoh gambarnya seperti di bawah ini.


5.Apabila di sini Anda ingin menambahkan sebuah foto,langsung saja klik tulisan berwarna biru  "Tambahkan foto" untuk meng-upload foto yang ingin Anda tambahkan di profil Anda.Bila tidak ingin menambahkan, sekarang Anda langsung saja menuju ke langkah berikutnya dengan cara mengetik tulisan gmail di browser pencarian lalu meng-klik atau tekan enter untuk menuju ke halaman akun email google Anda seperti pada gambar dibawah ini.


Nah sampai di halaman ini berarti proses pembuatan akun email google Anda sudah selesai dan sekarang Anda sudah memiliki akun gmail dari google.

Bagaimana,,,gampang kan untuk membuat akun email google (gmail) yang mempunyai banyak manfaat ini.Setelah Anda sudah berhasil membuat akun email dari google (gmail),sekarang di sini Anda juga bisa mencoba membuat sebuah akun jejaring sosial yang sangat terkenal di dunia,misalnya seperti ; facebook,twiter,dan blog.

Oh iya,,,  Akun gmail baru Anda ini sekarang juga bisa langsung di gunakan,misalnya Anda ingin mencoba untuk belajar menulis dan mengirim sebuah email ke alamat email seseorang yang Anda kenal.Mungkin di sini Anda masih bingung untuk mencobanya atau mempraktekkannya.Jangan khawatir di sini Saya akan memastikan bahwa Anda juga bisa untuk menggunakan akun email baru Anda ini.Bila Anda ingin untuk mencobanya sekarang,ikutilah  panduan yang akan Saya berikan ini yaitu cara untuk belajar menulis dan mengirim email/cara menggunakan akun email.Semoga dengan mengikuti panduan yang Saya berikan  dalam cara membuat akun email di google mail dan cara menggunakan email ini bisa bermanfaat untuk Anda.

*******Terima kasih atas waktunya untuk mengunjungi blog yang Saya buat ini*******  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar